Progam Pengembangan BUMIDISUKA Lampung Tengah



Sejak kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, ingin memajukan sektor pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan Republik Indonesia, satu diantaranya yang akan dikembangkan diwilayah Provinsi Lampung adalah Kabupaten Lampung Tengah.
Perwilayahan yang komprehensif untuk pengembangan dan pembangunan sektor strategis sangat diperlukan dalam pencapaian hasil pembangunan yang optimal di suatu wilayah adalah wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung.  Permasalahan yang dihadapi dewasa ini adalah seringkali penataan ruang yang ada belum mampu mewadahi dan mengimbangi perkembangan sektor pembangunan strategis secara berkelanjutan. Oleh karena itu salah tujuan perencanaan kawasan ekonomi strategis  di suatu wilayah, adalah memadukan penggunaan ruang dan segenap sumberdayanya secara fungsional untuk mendorong  sektor strategis agar tercapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan mempunyai linkages positif dengan wilayah sekitarnya.

Perencanaan Pengembangan Kawasan Bumi Padi, Sapi dan Ubikayu   (BUMIDISUKA) merupakan salah satu bentuk perencanaan ruang untuk sektor strategis yang diharapkan dapat mendorong percepatan peningkatan nilai tambah produksi dari sub-sektor pertanian & hortikultura, subsektor peternakan dan subsektor tradisional lainnya yang didukung oleh sarana dan prasarana yang fungsional.  Konsep BUMIDISUKA ini dapat  berdiri diri atau menyatu dengan Kawasan yang lebih luas, tergantung dari potensi produksi serta faktor jarak geografis dan faktor jarak aksesibilitas. Faktor jarak aksesibilitas sangat berperan dalam menentukan orientasi produktif dari suatu kawasan, terutama kawasan potensial yang jauh dari pusat pengembangannya.
Pengembangan BUMIDISUKA di Kabupaten Lampung Tengah harus didukung oleh komoditas unggulan dan komoditi penunjangnya, yang diusahakan dalam suatu Sentra Produksi (SPr) yang didukung oleh sentra pengolahan (SPg) dan sentra perdagangannya (SPd), mulai dari berskala kecil (mikro) hingga bersekala besar (makro) dan ekonomis. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ekonomi di BUMIDISUKA dapat berlanjut, serta pemerataan kegiatan ekonomi wilayah.  Dalam jangka pendek upaya ini diharapkan dapat mendorong pemanfaatan sumberdaya wilayah secara optimal dan lestari. Pengembangan BUMIDISUKA di Kabupaten Lampung Tengah, mempunyai peran penting sebagai arahan dan peluang lokasi investasi (investasi produksi dan investasi konservasi) bagi pemerintah maupun swasta dalam mencapai efisiensi,  efektifitas dan nilai tambah dari produk-produk yang dihasilkan sentra-sentra produksi dari sektor agrokompleks dalam arti luas.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 KOPIAH EMAS - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top